-->

Pengertian dan Cara Kerja SFTP

Pengertian dan Cara Kerja SFTP - SFTP (Secure File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol pada internet yang berguna untuk mentransfer file antar PC didalam suatu Network (Jaringan) yang telah diamankan menggunakan protokol dari SSH(Secure Shell). 

SFTP ini adalah kombinasi dari FTP dan SCP, sehingga terdapat kombinasi fleksibilitas FTP dan keamanan SCP. Lebih jelasnya mengenai "Pengertian dan Cara Kerja SFTP" penjelasan lebih lengkapnya dapat dilihat dibawah ini.


Pengertian SFTP

SFTP (Secure File Transfer Protocol), SFTP ini sama seperti FTP yaitu sebagai metode yang digunakan untuk mentransfer file atau berbagai data melalui sebuah jaringan. Hanya saja SFTP ini mentransfer file melalui SSH dan tentunya menggunakan port dari ssh yaitu 22. Sesuai dengan nama nya yaitu SFTP (Secure File Transfer Protocol) dikarenakan protocol ini dirancang untuk melakukan manajemen file, transfer file dan fungsi akses lain yang lebih aman dari protocol sebelumnya yaitu FTP. Jika kalian tahu, SFTP ini adalah kombinasi dari FTP dan SCP, sehingga terdapat kombinasi fleksibilitas FTP dan keamanan SCP.

Ini suatu pembaruan yang sangat bagus dari pendahulunya yaitu FTP (File Transfer Protocol), yang digunakan hanya untuk melakukan transfer file atau data saja. Dan dibandingkan dengan protocol sebelumnya yaitu SCP, SFTP ini memungkinkan kita dapat melakukan remote file atau dapat dikatakan protocol transfer file jarak jauh dengan metode ssh.

Sedangkan SCP (Secure Copy) ini adalah sebuah protocol dan didalamnya juga terdapat program untuk melakukan penyalinan yang aman.

Jadi dengan adanya kombinasi antara FTP dan SCP ini kita dapat melakukan transfer file dengan terjamin keamanannya, dan juga kita dapat memungkinkan melakukan remote file atau dapat dikatakan transfer file jarak jauh. Jadi SFTP ini merupakan sebagai penyedia layanan yang menyediakan akses file, transfer file, dan fungsi manajemen diatas data yang terpercaya dan bahkan manipulasi file. Sedangkan SCP ini digunakan untuk memberikan transfer data yang kedap dari gangguan, karena SCP mempunyai program yang dapat melakukan penyalinan aman.


Pengertian dan Cara Kerja SFTP
Pengertian dan Cara Kerja SFTP



Ciri-ciri SFTP

  1. Sebuah interactive file transfer program bisa dibilang semacam ftp
  2. Semua operasi melalui enkripsi
  3. Menggunakan beberapa fitur dari ssh seperti public key authentication dan kompresi
  4. Konek dan me-log ke spesifik host diteruskan interactive command mode

Beberapa fitur atau kelebihan dari SFTP

  1. Pertukaran Data
  2. Data yang lewat dikemas khusus, dirubah formatnya melalui saluran khusus
  3. Keamanan
  4. SFTP meng-enkripsi setiap data yang lewat. Agar data tidak mudah terbaca oleh hacker atau orang lain yang kepo kenapa kita mengakses FTP Server.
  5. Salah satu kelebihan dari SFTP adalah sebagian besar aplikasi SFTP mampu memberikan info data yang lebih rinci seperti tanggal file, perizinan file, waktu, tanggal, ukuran, dan informasi lainnya yang jarang tersedia di FTP.

Tujuan SFTP
Mengamankan proses transfer dan copy file dengan menggunakan fitur yang ada pada ssh,baik secara enkripsi,kompersi dan public key. Jadi keamanan sharing file jadi terjamin dikarenakan fitur ssh tersebut.


Cara Masuk SFTP
Perintah untuk masuk layanan SFTP, ketikan perintah dibawah ini :
sftp user@server-ip-adresss

Pertama kali kalian terhubung dengan SFTP, ia akan melaporkan bahwa “The authenticity of the host ‘(nama server atau host yang dituju)’ can’t be established..” Ini berarti bahwa SFTP tidak memiliki “nama server /host yang dituju” dalam database host yang dikenal.setelah itu akan ada pertanyaan yang menanyakan apakah anda akan melanjutkan koneksi ke server ? Pilih "Yes" untuk masuk dan meneruskan kedalam server tersebut alhasil kalian berhasil masuk ke layanan SFTP Server.

Selanjutnya, SFTP akan menambah ’nama server/host yang dituju’ ke dalam daftar host yang dikenal, dan meminta password dari server yang hendak kalian tuju. Kemudian jangan lupa masukkan password, dan kalian akan menemui tampilan awal dari SFTP berupa folder yang di sharing kalian.

Cara Mendapatkan atau Mengunduh File Yang Telah Di Sharing
Untuk cara mendapatkan atau mengunduh file yang berada pada server SFTP ini dengan cara dibawah ini :

1.  get
  Misalnya, untuk men-download file bernama “bacabodo.txt”, maka perintah berikut yang akan digunakan:

Sebagai contoh :
sftp> get bacabodo.txt

Apabila kalian mengunduh file diatas namun ingin mengganti namanya, bisa kok. 

Berikut caranya : 
sftp> get bacabodo.txt unduhfull.txt

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian dan Cara Kerja SFTP. Semoga bermanfaat bagi kalian.


2 Responses to "Pengertian dan Cara Kerja SFTP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel