-->

Cara install WinUSB di Ubuntu/Mint Via PPA

Cara install WinUSB di Ubuntu/Mint Via PPA

Cara install WinUSB di Ubuntu/Mint Via PPA - WinUSB yang akan saya bahas ini sekarang berganti nama menjadi WoeUSB dan banyak juga seri-seri baru yang bermunculan mengenai software membuat bootable pada sistem operasi linux ini. Memang dalam linux sendiri biasanya sudah tersedia suatu software yang dapat digunakan untuk membuat usb bootable, namun apa salahnya jika kita ingin menggunakan software yang satu ini. Software ini juga mudah digunakan untuk kalian semuanya pengguna sistem operasi linux. Untuk penjelasan mengenai WoeUSB dapat kalian baca dibawah ini :

Cara Install WinUSB di Ubuntu/Mint
USB Bootable WinUSB Berganti Nama Menjadi WoeUSB di Linux

WoeUSB / WinUSB adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat bootable Windows installer USB stick dari ISO atau DVD. Aplikasi ini mendukung Windows Vista, Windows 7, Windows 8, serta Windows 10, dan dapat digunakan baik dengan GUI atau dari baris perintah.

Untuk mendukung bootmodes, WoeUSB / WinUSB dapat membuat stick instalasi Windows USB yang dapat di-boot menggunakan yang berikut :
  1. Bootmode yang kompatibel dengan Legacy / MBR-style / PC IBM
  2. Boot UEFI asli didukung untuk gambar Windows 7 dan yang lebih baru (dengan batasan: hanya filesystem FAT yang dapat digunakan sebagai sistem file target)

Karena itu bercabang dari Colin Gille's WinUSB, aplikasi telah melihat refactoring kode utama, perbaikan bug serta beberapa fitur baru yang kecil. Perubahan tersebut meliputi :
  1. Dukungan untuk kedua wxWidgets 2 dan 3
  2. Menggunakan pkexec alih-alih gksudo untuk eskalasi hak istimewa
  3. Dukungan boot UEFI
  4. Banyak perbaikan bug


Beberapa perubahan WoeUSB yang lebih baru termasuk:
  1. Mendukung penyesuaian - label filesystem yang baru dibuat dalam mode format
  2. Mengimplementasikan pengecekan pada sistem file target di - mode instal
  3. Baris perintah: periksa apakah media target sibuk sebelum melanjutkan dan menyelamatkan ketika partisi target di-mount
  4. Mendukung distribusi Linux yang menggunakan "grub2" sebagai nama awalan, seperti Fedora
  5. Instal dan opsi instalasi format tidak lagi digunakan --partition dan --device, untuk lebih jelas apa yang akan dilakukan oleh kedua opsi tersebut. Pilihan lama masih akan tersedia sampai WoeUSB v3.0
  6. Mulai sekarang, GRUB akan berhenti ketika tombol ENTER digunakan sebelum mulai memuat Windows. Ini berguna jika Anda ingin melihat apakah ada kesalahan dalam tahap pemuatan GRUB
Perubahan yang lainnya adalah karena nama aplikasi nya telah berubah, executable pun ikut berubah menjadi : "woeusbgui" untuk GUI dan "woeusb" untuk alat baris perintah.
Kalian dapat melihat apa yang baru di setiap rilis WoeUSB baru (ada 13 rilis baru selama 2 hari terakhir) di GitHub.
Meskipun refactoring kode utama dan banyak perbaikan bug, saya masih mengalami kesalahan menggunakan WoeUSB GUI, yang juga saya temukan di WinUSB asli.
Ketika stik USB Windows selesai, WoeUSB menampilkan pesan berikut: "Instalasi gagal! Kode keluar: 256". Bug ini telah ditutup di GitHub dan sepertinya tidak mempengaruhi USB stick Windows yang sebenarnya dengan cara apa pun.
Dalam pengujian saya, saya dapat menginstal Windows 10 64bit di VirtualBox (pada host Ubuntu 17.04) meskipun ada kesalahan ini.

Install WoeUSB di Ubuntu atau Linux Mint melalui PPA
WoeUSB tersedia di WebUpd8 PPA utama, untuk Ubuntu 17.04, 16.10, 16.04 atau 14.04 / Linux Mint 18.x atau 17.x. Untuk menambahkan PPA dan menginstal WoeUSB, gunakan perintah berikut:
bayu@bayu-pansa576:~$ sudo add-apt-repository ppa: nilarimogard / webupd8
bayu@bayu-pansa576:~$ sudo apt-get update
bayu@bayu-pansa576:~$ sudo apt-get install woeusb

Untuk cara membangun WoeUSB dari sumber, melaporkan bug, dan lain-lain sebagainya, kalian dapat melihatnya di halaman GitHub-nya secara langsung.
Sekian yang dapat sampaikan mengenai Software MembuatBootable WinUSB berganti nama menjadi WoeUSB di Linux semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk kalian semuanya.


0 Response to "Cara install WinUSB di Ubuntu/Mint Via PPA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel