-->

Control Panel Hosting Berbasis Open Source

Control Panel Hosting Berbasis Open Source - Untuk yang masih dalam tahap belajar membuat website ataupun blog, mungkin masih sedikit kesulitan dalam mengatur sebuah cloud hosting. Karenanya, kini muncul suatu yang bernama control panel untuk mengatur cloud hosting.

 Control Panel Hosting Berbasis Open Source
Control Panel Hosting Berbasis Open Source
Ada banyak macam panel web atau blog cloud hosting yang bisa kalian gunakan untuk mengatur website ataupun blog kalian sendiri-diri. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini macam-macam control panel web cloud hosting.

Cpanel
Cpanel merupakan satu satu control panel atau panel untuk web cloud hosting terbaik dan paling banyak digunakan di dunia. Cpanel sendiri banyak digunakan dikarena kan kemudahannya. Sangat cocok bagi kalian yang masih pemula atau belum berpengalaman dalam mengatur suatu website.
Selain cocok untuk pemula, kalian yang profesional juga akan suka dengan Cpanel karena dapat memermudah pekerjaan kalian tentunya. Cpanel adalah control panel web cloud hosting yang cocok digunakan oleh siapa saja dan direkomendasikan bagi kalian yang masih awam mengenai website.

Plesk


Sama seperti control panel web cloud hosting lainnya, plesk sendiri bisa kalian gunakan untuk mengatur website dan juga cloud hosting milik kalian. Kelebihan Plesk sendiri adalah tampilannya yang menarik dan mudah digunakan atau biasa disebut dengan user friendly.
Tampilan Plesk sangat rapih dan nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama, jadi nggak bosen lah liat tampilan dari panel yang satu ini. Cocok untuk kalian yang masih dalam tahap belajar dalam mengatur website dan cloud hosting yang kalian miliki.

ISP Config

ispconfig_logo

Control panel ini banyak digunakan sekarang dan digunakan oleh orang-orang advance. Seitap bulannya ISP Config ini di unduh sampai 40 juta. ISP Config ini biasanya dipakai untuk orang-orang lanjutan atau advance dalam mengatur website atau cloud hosting.
Kelebihan lain dari control panel cloud hosting ini adalah sifatnya yang open source dan tentunya free tanpa harus membayarnya sebelum memakainya. Sehingga banyak sekali pengembang dari seluruh dunia yang ikut mengembangkan ISP Config ini. Saat ini, ISP Config telah mencapai versi ke 3.

Webuzo

Merupakan software aplikasi control panel seperti halnya ISP Config, Plesk, VestaCP, dan lain-lain. Webuzo sendiri biasanya banyak digunakan pada Virtual Private Server (VPS).
Kelebihan Webuzo ini terletak pada sisi tampilannya yang user friendly. Webuzo juga menyediakan script installer sehingga memudahkan kalian dalam menginstall CMS populer seperti WordPress, Drupal dan lain-lain.

VestaCP

VestaCP logo

Selain yang sudah dijelaskan diatas masih ada satu lagi control panel populer yang banyak digunakan adalah VestaCP. VestaCP sendiri sangat cocok bagi kalian yang baru belajar me manajemen web hosting dan cloud hosting.
Kelebihan dari VestaCP ini adalah bobotnya yang sangat ringan sehingga mempercepat pekerjaan kita. VestaCP juga cocok jika kalian menggunakan cloud hosting dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, sehingga kita tidak akan memperbanyak resource penyimpanan. 

Oleh karena itu control panel ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin mengelola website atau cloud hosting kalian dengan penyimpanan yang rendah.

Masih banyak sekali control panel lain yang dapat kalian gunakan untuk mempermudah mengelola cloud hosting kalian, kita dapat menggunakan salah satu dari ke-5 control panel diatas untuk mempermudah pekerjaan kalian tentunya. Tinggal pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.
Tidak ada yang lebih baik ataupun yang lebih jelek. Semuanya sama saja berdasarkan fungsinya. Yaitu sama-sama bisa digunakan untuk mengelola cloud hostingmu, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan dan finansial.
Control panel yang paling populer di Indonesia adalah Cpanel. Para penyedia layanan website ataupun cloud hosting banyak yang mempergunakan Cpanel sebagai contol panelnya. Jadi kita mudah dalam mengelola nya, tanpa menyusahkan dalam mengelola nya dalam tempat yang berbeda-beda. 

0 Response to "Control Panel Hosting Berbasis Open Source"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel