-->

Cara Menggunakan Tool IP Scan pada Mikrotik

Cara Menggunakan Tool IP Scan pada Mikrotik - Tool IP Scan adalah suatu fitur pada mikrotik yang berfungsi untuk memetakan atau menampilkan informasi komputer yang terhubung ke jaringan kabel atau nirkabel lokal. Informasi yang ditampilkan pada tool IP Scan Mikrotik antara lain IP address, mac-address, time (ms), DNS, SNMP (Simple Network Management Protokol), dan Netbios.

Tool IP Scan ini mampu melakukan scan (memindai) pada network dengan beberapa cara, yakni dengan menggunakan IP prefix, IP range, maupun berdasarkan interface-nya secara langsung.

Sebagai contoh, kita mempunyai banyak sekali perangkat yang tersambung dengan jaringan kita. Tapi kita tidak mempunyai waktu untuk mengecek komputer manakah yang sedang online atau terkoneksi dengan internet. Tentunya kita juga tidak mengetahui IP mana saja yang masih online. Semisal kita mempunyai 100 user atau perangkat, dan kita diharuskan untuk mengecek komputer mana saja yang masih online. Iya kali ping IP nya satu per satu ? Biar kita tahu perangkat mana saja yang masih online ? Nggak kan ?

Nah, untuk mempermudah kinerja. Kita dapat menggunakan Tool IP Scan pada mikrotik untuk melakukan pemindaian atau scan IP pada network yang kita tentukan. Hasil dari Tool IP Scan ini adalah kita mengetahui IP berapa saja yang online beserta perangkatnya bahkan kita juga mengetahui SNMP name dan Netbios name-nya. Tentunya hal ini memudahkan kita sebagai administrator jaringan dalam memantau jaringan kita.


Cara Menggunakan Tool IP Scan pada Mikrotik via Winbox

1. Masuk atau login ke Mikrotik kalian masing-masing
2. Setelah itu masuk pada menu Tools > IP Scan


3. Disini terdapat 2 opsi dalam melakukan scan (pemindaian) yaitu scan melalui interface dan IP address
4. Dibawah ini contoh scan IP address berdasarkan interface, berikut contoh pada interface ether1


5. Berikut contoh penggunaan IP Scan dengan scanning via IP address prefix : 172.31.8.0/26


6. Berikut contoh penggunaan IP Scan Mikrotik dengan scanning berdasarkan IP address range : 172.31.8.0-172.31.8.10


7. Berikut contoh penggunaan Tool IP Scan Mikrotik dengan scanning berdasarkan gabungan interface dan IP address nya :


Nah, mudah kan ? Intinya kita dapat mencari tau perangkat apa saja yang terkoneksi pada jaringan dan berapa IP address nya dengan mudah, langsung dari tool Mikrotik. Tool IP Scan ini cukup berguna untuk troubleshooting jaringan dan berbagai gangguan pada jaringan kita.

2 Responses to "Cara Menggunakan Tool IP Scan pada Mikrotik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel