-->

Cara Install Docker di Ubuntu 14.04 LTS

Cara Install Docker di Ubuntu 14.04 LTS - Docker Container pada dasarnya sangatlah mudah uintuk dipahami, konsepnya sama seperti mesin virtual atau virtual machine. Tak hanya menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya, docker juga menawarkan keamanan yang terjamin. Keamanannya berjalan secarea terpisah dari sistem operasi tanpa adanya keterkaitan dengan keamanan sistem lainnya pada docker container. Mengapa kita menggunakan docker container ? Karena tingkat portabilitas dan fleksibilitas proyek, tidak bergantung pada hardware spesifik, dan kalian juga dapat berimigrasi ke cloud, dsb.

Docker container berbeda dengan mesin virtual yang mana lebih mengutamakan penggunaan resource atau hardware pada sistem itu sendiri. Sampai mesin virtual terkena overhead, container membagikan atau memisah kernel satu dengan yang lainnya sehingga minim terjadi overhead. Jadi intinya adalah antara mesin virtual (Virtual Machine) dan docker container sama-sama tidak memerlukan biaya tambahan.

Cara Install Docker di Ubuntu 14.04 LTS
Cara Install Docker di Ubuntu 14.04 LTS


Pada docker container tunggal kalian dapat mendapatkan akses ke seluruh pengembangan seperti source code, dependency, dan tuntime. Docker ini menggunakan skema yang sama seperti membuat container di VM Linux, dsb.

Penggunaan docker di sini sangatlah berguna bagi para developer WordPress, aplikasi mobile, server, dsb. Docker container banyak diminati dikarenakan performanya yang stabil dan tidak mengganggu sistem lainnya. Untuk penjelasan lebih jelas dapat kalian kunjungi berikut ini Pengertian Docker dan Fungsinya


Cara Menginstall Docker Container


Docker container sekarang ini sudah tersedia pada semua sistem operasi terntunya pada sistem operasi yang umum kita gunakan sebagai contoh Windows, MacOS, dan Linux. Namun sayang, penggunaan docker bergantung dengan levelnya yang support sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Karena itu pemilihan sistem operasi juga berpengaruh terhadap hasil docker yang kita gunakan.

Pada dasarnya sistem operasi yang sangat direkomendasikan untuk menjalankan Docker Container ini adalah Linux. Dikarenakan pada awalnya Docker rilis pada tahun 2013 di Linux. Instalasi Docker pada distro linux yang berbeda juga mempengaruhi hasil yang akan didapatkan nantinya. Bukan berarti kita tidak dapat menginstall Docker Container pada sistem operasi lainnya seperti Windows, MacOS, dsb. Hanya saja hasil yang nantinya didapat akan berbeda dengan instalasi Docker pada sistem operasi yang direkomendasikan.

Dibawah ini merupakan instalasi Docker Container pada distro linux Ubuntu 14.04 LTS


1. Yang perlu kita lakukan pertama kali adalah meng-update Ubuntu 14.04 agar mendapatkan pembaharuan yang terbaru dari repository
apt-get update

2. Menginstall paket Docker.io pada Ubuntu 14.04
apt-get -y install docker.io

3. Jalankan dua command atau perintah di bawah ini untuk memperbaiki path Docker Container
In -sf /usr/bin/docker.io /usr/local/bin/docker
sed -i '$acomplete -F_docker docker' /etc/bash_completion.d/docker.io
4. Jalankan command dibawah ini untuk mengecek apakah Docker berfungsi normal sebagaimana mestinya 
service docker.io status

5. Jika kalian ingin mengaktifkan Docker Container ketika sistem dinyalakan, jalankan perintah dibawah ini
update-rc.d docker.io defaults

Kesimpulan

Docker Container adalah tool yang sangat bagus untuk kalian pada developer. Banyak sekali manfaat yang dapat kalian rasakan ketika menggunakannya pada server kalian.

Dengan membaca tutorial Docker ini, kami berharap para developer menghindari mesin virtual dan menggantinya dengan container pada saat membuat suatu aplikasi atau mengerjakan proyek lainnya berkaitan dengan cloud, membutuhkan penyimpanan yang besar dan lain-lainnya.

0 Response to "Cara Install Docker di Ubuntu 14.04 LTS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel