-->

Pengertian Server Firewall dan Proxy Server Filtering

Pengertian Server Firewall dan Proxy Server Filtering - Apa sih server firewall ? Fungsi dari filtering firewall ? Sebenarnya teknologi firewall ini bersifat transparant tidak bisa dilihat oleh client namun berfungsi untuk mem-filter semua paket yang masuk ke dalam suatu jaringan yang terdapat firewall yang aktif.

Sebuah server umumnya merupakan komputer berkecepatan tinggi dengan spesifikasi yang besar, sehingga dapat menyimpan semua aplikasi yang dibutuhkan dalam suatu jaringan atau server perusahan.

Sebuah server bertugas mengontrol komunikasi dan penyebaran informasi dalam suatu jaringan. Sebagai contoh adalah ketika seseorang mengirimkan file database dari satu PC ke PC yang lainnya atau menerima data bersamaan dengan tugas lainnya. Maka dari itu, hal ini membutuhkan suatu penyimpanan yang dapat bekerja dengan cepat dan mengatasi semua permintaan dari sebuah client.

Server Firewall
Server Firewall


Pengertian Firewall
Firewall adalah cara yang diterapkan untuk segala hal baik itu software, hardware, ataupun untuk sistem itu sendiri bertujuan untuk melindungi, mem-filter, membatasi bahkan juga untuk menolak suatu hubungan pada suatu jaringan dengan jaringan luar yang bukan termasuk dalam lingkupnya. Lingkup jaringan tersebut dapat berupa server, router, LAN (Lokal Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), bahkan WAN (Wide Area Network) atau biasa disebut Internet.

Jadi, Server Firewall adalah sebuah filter atau suatu metode keamanan jaringan yang melindungi server dari berbagai ancaman dari jaringan luar yang ingin masuk ke jaringan lokal ataupun sebaliknya. Firewall Server juga dapat menolak atau mem-filter akses pengguna jaringan dalam mengakses suatu konten atau website tertentu pada sebuah jaringan yang terhubung dengan Server Firewall tersebut. Maka dari itu server firewall juga biasa disebut dengan filtering server firewall.

Tipe-tipe Firewall Pada Umumnya dibagi menjadi 4 yaitu :

1. Packet Filter Firewall
Firewall ini paling sederhana dan sering dipakai karena biaya-nya yang cukup murah dan tentunya efektif untuk mem-filter aktivitas user pada suatu jaringan. Firewall ini menggunakan metode penyaringan paket data yang dikirimkan dan diterima sesuai dengan peraturan yang telah dibuat. Jadi selain mudah, tipe firewall ini juga berjalan sesuai peraturan yang telah kita buat sebelumnya.

Packet Filter Firewall bekerja di lapisan network pada OSI Layer, umumnya menyaring paket berdasarkan IP Address, dan port yang dipakai. Namun, firewall ini tidak dapat menyaring aplikasi yang bekerja di lapisan application OSI.

2. Statefull Inspection Firewall
Firewall ini berjalan di antara lapisan data link dan network OSI. Jika paket datang, ia langsung memeriksa informasi paket header apakah sudah tersedia jalur untuk paket tersebut atau belum. Jika sudah, maka paket tersebut akan diterima dan diteruskan ke tujuannya. Begitupun sebaliknya, tipe firewall ini terus mengawasi setiap koneksi yang datang dan membuat catatan pada tabel status yang dimilikinya.

Dengan tipe ini, anda dapat membuat pengaturan keamanan yang tidak mengizinkan paket file sharing seperti Torrent dan Limewire yang melewati firewall yang telah dibuat.

3. Application Filter Firewall
Tipe ini bekerja di lapisan Application OSI sehingga dapat menyaring atau membatasi aplikasi yang dipakai untuk mengakses internet. Namun, tipe ini pada umumnya mahal dikarenakan sistemnya yang lebih kompleks dari 2 tipe diatas sebelumnya.

4. Proxy Server
Proxy Server sendiri digunakan untuk perantara antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Posisinya berada ditengah-tengah, jadi permintaan client akan melewati Proxy Server terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke internet.

Jika pada Proxy Server terdapat konfigurasi atau pengaturan yang menyatakan bahwa paket yang diminta client ter-blok. Maka permintaan tersebut tidak akan dilanjutkan, melainkan akan dibelokan ke Proxy Server.

Jadi client akan mengajukan permohonan untuk mendapatkan alamat situs web yang diminta.

Baca juga : Pengertian 7 OSI Layer Beserta Penjelasannya


Pengertian Proxy Server
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai penengah antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Proxy server juga bisa dikatakan sebagai gateway menuju ke internet ataupun sebaliknya. Arti kata proxy adalah wakil, atau mandat jadi proxy disini menjadi penghalang diantara 2 sistem. Jadi Proxy Server akan mewakilkan permohonan data yang dilakukan oleh client ke internet melalui Proxy. Tujuan proxy server disini adalah menyimpan cache yang pernah diakses oleh user, sehingga data yang diminta akan dikirimkan dengan sangat cepat.

Tugas Proxy Server 
Untuk menyembunyikan identitas komputer-komputer pada jaringan lokal agar tidak mudah diakses dari internet.

Poxy server juga sering disebut application firewall karena berfungsi pada lapisan aplikasi. Jika packet filter yang sebelumnya hanya menyaring paket yang telah diterima tanpa mengubah paket tersebut. Proxy server mengubah alamat paket yang diterimanya dengan alamat proxy server. Sehingga menyembunyikan pengirim paket yang sebenarnya yaitu client. Nah, maka dari itu Proxy server umumnya menggunakan metode NAT (Network Address Translation) untuk menyamarkan IP lokal dengan IP Proxy Server.

Proxy Server
Proxy Server


Fungsi lainnya juga sebagai Cache server, yaitu menyimpan semua data yang pernah dicari dan meneruskannya lagi kepada client yang memintanya. Sehingga tidak akan memerlukan waktu lama untuk mendapatkan informasi itu kembali, karena sudah tersimpan pada cache proxy server.


Cara Kerja Firewall
Firewall pada umumnya dapat kita ibaratkan dengan sebuah tembok atau penghalang antara client dengan internet (jaringan luar). Bisa juga kita ibaratkan dengan seorang satpam yang bertugas untuk menjaga keamanan dari pintu masuk, ia akan menyaring pengunjung yang datang dan mengizinkan beberapa untuk masuk karena tidak ada peraturan bahwa orang tersebut tidak diperbolehkan masuk.

Jadi sama saja dengan firewall filter yang bertugas untuk menyaring informasi atau paket yang datang melalui internet ke jaringan lokal ataupun sebaliknya.


Peralatan Pembangunan Firewall
Jadi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah firewall adalah sebuah komputer dengan sistem operasi jaringan yang mendukung software firewall seperti iptables, ipchains, dsb. Pada sistem operasi Linux sudah menyediakan aplikasi atau packet tersebut, kita tinggal mengkonfigurasikannya saja.

Baca juga : Konfigurasi Proxy Server pada Squid3 Debian 8.6

Pengertian Filtering Firewall
Filtering firewall adalah salah satu jenis teknologi keamanan yang digunakan untuk mengatur paket-paket yang diizinkan masuk ke dalam sistem atau jaringan dan paket-paket yang diblokir (tidak diizinkan untuk masuk ke jaringan tersebut).


Fungsi Filtering Firewall
Digunakan untuk mengatur suatu paket yang masuk pada suatu jaringan, apakah diizinkan atau ditolak.

0 Response to "Pengertian Server Firewall dan Proxy Server Filtering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel